Tolak RUU "Ngawur", Mahasiswa UNBAJA Suarakan Aspirasi ke Senayan



JAKARTA, PeKa - Mahasiswa Universitas Banten Jaya (UNBAJA) bergerak ke Gedung DPR/MPR
RI, Senayan, Jakarta untuk menyuarakan aspirasi mereka yang menolak Rancangan Undang-Undang (RUU) ngawur yang dirancang Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Selasa (24/09).

Presiden Mahasiswa UNBAJA, Alvi Rizky Amanda menjelaskan mengenai keikutsertaan dalam aksi.
"Dari KBM UNBAJA sendiri, kurang lebih 100 orang yang turun aksi dan tujuannya sudah jelas yaitu menuntut agar reformasi dituntaskan," ungkapnya.
Mahasiswa juga menutut pembatalan revisi undang-undang Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) yang dianggap melemahkan KPK dan penolakan terhadap pengesahan RKUHP yang dinilai tidak memihak kepada rakyat dengan pasal-pasal yang janggal dan menutup akses demokrasi dalam berbagai bidang.

Alvi mengatakan, bergabungnya KBM UNBAJA merupakan keresahan sebagai mahasiswa dengan banyak nya hal-hal yang mematikan demokrasi oleh pemerintah dan DPR RI.
"Berangkat dari keresahan mahasiswa terhadap pelemahan-pelemahan badan pemberantasan korupsi dan pasal-pasal ngawur yang muncul di RKUHP. Kami menilai ini merupakan sebuah bentuk penghianatan dari para wakil terhadap rakyat karena telah mengkhianati semangat pemberantasan korupsi yang selama dua dekade ini digaungkan dalam agenda reformasi, RUU yang coba dihadirkan juga banyak sekali yang bermasalah dan terindikasi upaya untuk membungkam demokrasi," ujarnya.
Lebih lanjut, Alvi juga menuturkan para dewan yang berada di gedung DPR RI harus mendengarkan aspirasi rakyat, terutama mahasiswa sebagai harapan penerus bangsa kedepannya.

"Hal inilah yang kemudian membuat ribuan mahasiswa Banten turun dan masuk dalam barisan pergerakan mahasiswa seluruh Indonesia. Mereka yang saat ini duduk di gedung yg dibangun dari uang rakyat, berkendara dengan mobil rakyat, dengan perut buncit dari uang rakyat. Sudah seharusnya sadar, bahwa ditahun-tahun yang akan datang bukan lagi mereka yang akan duduk di pemerintahan, tapi para pemuda saat ini, para mahasiswa yang hari ini memperjuangkan hak rakyat. Maka dari itu jangan coba bungkam kami, ajak kami para mahasiswa berdiskusi, jangan malah dipersekusi," pungkasnya.

Diketahui, mereka bergabung dengan mahasiswa lain dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan lakukan aksi demonstrasi di depan gedung DPR/MPR RI sejak pagi.
Mereka juga menggugat RUU yang dianggap bermasalah. Selain itu, massa aksi menilai demokrasi Indonesia saat ini tengah diambang kematian.

Kendati demikian, bentrok antar massa dan aparat tak terelakan. Massa dipukul mundur dengan serangan gas airmata oleh aparat saat  berusaha masuk ke gedung DPR/MPR RI. (L)
Tolak RUU "Ngawur", Mahasiswa UNBAJA Suarakan Aspirasi ke Senayan Tolak RUU "Ngawur", Mahasiswa UNBAJA Suarakan Aspirasi ke Senayan Reviewed by Ekky Muhammad on September 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.