Satu kali MUSMA (Musyawarah Mahasiswa) Menentukan Masa Depan Organisasi Kampus



Satu kali MUSMA (Musyawarah Mahasiswa) Menentukan Masa Depan Organisasi Kampus

Dalam setiap akhir periode kepungurusan, bagi organisasi internal maupun eksternal pasti akan diadakan evaluasi, hal-hal yang menyangkut tentang kepengurusan dalam satu periode entah itu dalam hal keberhasilan program kerja, kendala-kendala dalam pelaksanaan program kerja, maupun masalah-masalah yang terjadi pada saat kepengurusan.
Maka MUSMA atau Musyawarah Mahasiswa perlu diadakan sebagai momen untuk merefleksi, introspeksi, mengevaluasi akan eksistensi sebuah organisasi serta membentuk kepengursan untuk di masa yang akan datang.
Lalu apa sih MUSMA atau Musyawarah Mahasiswa itu?
Musyawarah berasal dari kata Syawara yaitu dari bahasa arab yang berarti berunding urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu. Jadi musyawarah adalah suatu upaya bersama dengan sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan atau mencari jalan keluar guna mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan masalah.
Dalam era sekarang ini Musyawarah Mahasiswa menjadi hal yang kurang diminati. Musyawarah Mahasiswa dianggap hal yang membosankan, menguras banyak waktu dan terlalu berbelit-belit. Mereka tidak tau, padahal Musyawarah Mahasiswa sangat penting untuk kemajuan organisasi yang di ikuti, penting juga untuk diri sendiri.
Banyak sekali hal yang bisa di dapat jika kita mengikuti Musyawarah Mahasiswa, diantaranya:

1. Melatih diri dalam mengungkapkan pendapat

Ketika kamu mengikuti Musyawarah Mahasiswa, kamu dapat melatih diri dalam mengungkapkan pendapat yang nantinya dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan saat mencari jalan keluar. Kamu juga akan dapat terbiasa berbicara di depan umum.

2. Mencari titik terang dalam permasalahan

Dalam setiap organisasi, baik internal maupun eksternal pasti ada saja permasalahan yang terjadi, dengan kamu mengikuti Musyawarah Mahasiswa kamu akan berlatih mencari titik terang dalam permasalahan tersebut bersama-sama.

3. Hasil keputusan dapat bermanfaat bagi semua

Hasil keputusan haruslah bermanfaat bagi semua, tidak boleh merugikan satu atau dua pihak tertentu, agar diterima dan dilaksanakan dengan baik oleh semua anggota.

4. Dapat mempererat kebersamaan dan kekeluargaan

Musyawarah Mahasiswa juga dapat meenjadi momen mempererat kebersamaan dan kekeluargaan dalam satu organisasi yang kamu ikuti, menyatukan pemikiran dan karakter yang berbeda-beda dapat lebih mempererat kekeluargaan.

6. Setiap perbedaan dapat disatukan

Dalam setiap pendapat pasti akan ada perbedaan dan setiap perbedaan-perbedaan yang ada dapat disatukan, kamu dapat belajar berkompromi dengan baik dan memutuskan pendapat terbaik demi kebaikan bersama.

7. Melatih jiwa kepemimpinan

Dalam mengikuti Musyawarah Mahasiswa kamu akan berlatih menyimpulkan pendapat atau gagasa-gagasan agar dapat dijalankan dengan baik.

Dengan banyak hal positif karena mengikuti MUSMA dan hal-hal yang sangat bermanfaat, maka jangan ragu untuk berlatih diri dengan berpartisipasi dalam MUSMA KBM UNBAJA yang akan di selenggarakan pada hari Kamis s/d Jumat, 5-6 April 2018 dan bahwa MUSMA ini penting sekali, karena momen satu kali MUSMA menentukan masa depan sebuah organisasi, juga kamu, iya, kamu.

(Leunca)
Satu kali MUSMA (Musyawarah Mahasiswa) Menentukan Masa Depan Organisasi Kampus Satu kali MUSMA (Musyawarah Mahasiswa) Menentukan Masa Depan Organisasi Kampus Reviewed by PeKa UNBAJA on April 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.