Sejarah Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Banten Jaya




Sesungguhnya setiap manusia sebagai ciptaan tuhan yang maha esa, sejak dilahirkan pada hakekatnya mempunyai derajat, hak serta martabatyang sama sebagai makhluk sosial yang saling memerlukan satu sama lain. Di dasarkan atas keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa, menjadi kewajiban bagi seluruh umat manusia untuk saling menolong dalam penderitaan tanpa membedakan Agama, Bangsa, Suku bangsa, Bahasa, Warna kulit, Jenis kelamin, Golongan dan Pandangan politik. Hal ini yang menjadi pondasi awal terbentuknya Palang Merah Indonesia sampai saat ini sebagai Organisasi yang berlandaskan atas kemanusiaan dalam setiap pergerakannya.

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) adalah relawan Palang Merah Indonesia yang menjadi tonggak tulang punggung dari gerakan Palang Merah atas Kegiatan Kemanusiaan yang dilaksanakan oleh PMI, hal ini menjadi tantangan besar bagi KSR PMI untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan tanpa didasari imbalan apapun bahwa KSR PMI dalam pelaksanaan setiap aktivitas pelayanan Palang Merah di lapangan. (Pembukaan-Peraturan Organisasi KSR PMI Unit UNBAJA)

Seiring berkembangnya pola pembinaan kemahasiswaan di universitas banten jaya (UNBAJA), pada tahun 2016 sekelompok mahasiswa UNBAJA mempelopori terbentuknya UKM KSR Unit PERTI di UNBAJA, diantaranya adalah :

1.    Cahyo Adam (Teknik Informatika)
2.    Elvi Noval (Teknik Informatika)
3.    Wildan Firdaus (Teknik Informatika)
4.    Sri Nurul hidayatin (Teknik Industri)

Mereka adalah mahasiswa UNBAJA yang tergabung dalam KSR PMI Unit cabang Kota dan Kabupaten serang, yang menginginkan terbentuknya UKM KSR PMI Unit universitas banten jaya. Tujuan utama organisasi ini adalah menampung minat bakat mahasiswa UNBAJA dalam bidang pelayanan sosial dan kemanusiaan.

Keempat mahasiswa tersebut berusaha dengan kerasnya mewujudkan cita-cita dengan membuka pendaftaran anggota baru, Tercatat sebanyak 33 Mahasiswa dari berbagai fakultas dan jurusan mendaftarkan dirinya untuk menjadi relawan kemanusiaan. Dan kemudian pada bulan Oktober 2016 mengadakan rapat untuk pembentukan kepengurusan dan kelengkapan organisasi seperti Nama Organisasi, Peraturan Organisasi, Garis Besar Haluan Organisasi, Peraturan Administrasi dan Bendera Organisasi yang disesuaikan dengan AD/ART PMI dan kondisi Kampus. pada rapat tersebut maka disepakati bahwa nama organisasi ini bernama Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Banten Jaya atau bisa disingkat KSR PMI Unit UNBAJA.

Sebelum dikeluarkannya keputusan rektor tentang berdirinya UKM KSR PMI Unit UNBAJA, seluruh anggota yang tergabung tentu sangat memerlukan ilmu-ilmu tentang kepalangmerahan maka dari itu anggota KSR PMI Unit UNBAJA menjalin silaturahmi dan meminta restu dari Markas PMI Cabang Kota Serang, kedatangan KSR PMI Unit UNBAJA disambut dengan sukacita oleh PMI Cabang dan diberi pemahaman materi tentang kepalangmerahan, Pertolongan Pertama, Manajemen Bencana, Asessment, Perawatan keluarga, Dapur Umum Dan lain-lain. Pada akhirnya di tanggal 3 Desember 2016 dikeluarkanlah Surat Keputusan Rektor Universitas banten Jaya tentang terbentuknya UKM KSR PMI Unit UNBAJA dan kepengurusannya dan sejak itulah setiap tanggal 3 Desember dideklarasikan sebagai hari jadi KSR PMI Unit UNBAJA.

Pada saat itu UKM KSR PMI Unit UNBAJA bergerak Sesuai dengan 7 prinsip gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasioanal (Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, Kesemestaan) untuk bidang sosial dan kemanusiaan seperti kegiatan amal dan bakti sosial, Donor darah sukarela, Kampus siaga bencana dan masih banyak kegiatiatan sosial dan kemanusiaan lainnya bahkan sering juga anggota KSR PMI Unit UNBAJA ditugaskan pada kegiatan ORMAWA kampus dan Siaga PP dari PMI Kota Serang Contohnya : Siaga PP UNBAJA Voli Cup, UNBAJA Basket Cup, HMTI Futsal Cup, Dies Natalis UNBAJA, Pendidikan dan pelatihan ORMAWA UNBAJA, Tanggap Darurat Bencana Selat Sunda, Sepak Bola Piala Walikota Serang dan masih banyak penugasan kemanusiaan lainnya.

KSR PMI Unit UNBAJA terus berkembang seiring berjalannya waktu dan sampai waktu yang tidak ditentukan. Bagi anda yang memiliki jiwa kemanusiaan mari bergabung dengan KSR PMI Unit UNBAJA,

Siamo Tutti Fratelli (Kita Semua Bersaudara)
Daftar Nama Komandan KSR PMI Unit UNBAJA dari waktu ke waktu ;

1.    Masa Bakti 2016-2018
Pembina                : Chotibul umam, M.Pd
Komandan             : Wildan Firdaus (Teknik Informatika)
Wakil Komandan 1  : Wardah Maulidia (Teknik Informatika)
Wakil Komandan 2  : Ali Sobri (Teknik Industri)

2.    Masa Bakti 2018-2019
Pembina                : Chotibul umam, M.Pd
Komandan             : Najdi Al-Khattami (Teknik Industri)
Wakil Komandan    : Ali Sobri (Teknik Industri)

3.    Masa Bakti 2019-2020
Pembina                : Chotibul umam, M.Pd
Komandan             : Ali Sobri (Teknik Industri)


Sejarah Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Banten Jaya Sejarah  Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Banten Jaya Reviewed by Ekky Muhammad on December 03, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.